Search

Rabu, 27 April 2011

HAL-HAL UNIK YANG HANYA DIPERBOLEHKAN DALAM PERIKLANAN RUMAH SAKIT

Ø  Isi informasi hanya boleh mengenai:
§  Letak rumah sakt;
§  Jenis dan kapasitas rumah sakit;
§  Kemudahan-kemudahan yang dapat diperoleh terkait dengan pelayanan rumah sakit;
§  Fasilitas pelayanan yang dimiliki dengan sarana pendukung/penunjangnya;
§  Kualitas dan mutu pelayanan yang telah dicapai seperti
·         Telah mengikuti dan lulus akreditas.
·         Telah mendapatkan sertifikat ISO dan lain-lain.
·         Telah mendapatkan award dalam pelayanan.


Ø  Informasi diberikan dalam bentuk:
§  Wawancara untuk cover story oleh media cetak dapat diberikan penjelasan bersifat informasi dan edukasi tentang jenis pelayanan yang dapat diberikan seperti
·         Sejarah rumah sakit
·         Fasilitas
·         Lokasi
·         Cara menghubungi rumah sakit tersebut (alamat,nomor telephone,fax,e-mai,website,dll)
·         Foto peralaan
·         Foto fasilitas kamar rawat inap
·         Foto fasilitas rawat jalan
·         Foto fasilitas kamar operasi
·         Foto ruangan
·         Foto direktur
·         Foto tampak depan rumah sakit
Ø  Isi informasi dalam Leaflet dan brosur (di rumah sakit,seminar,tidak ditempat umum):
§  Penjelasan tentang biaya harus jelas dan harus disebutkan biaya tersebut mencakup jenis pelayanan apa saja.
§  Harga dapat ditulis tetapi tidak membandingkan dengan harga sebelumnyaa.
§  Bila memang lebih murah maka dapat ditulis harga khusus.
§  Dapat pula menyebutkan nama dan keahlian dokter serta jam praktek.
§  Bila adaa penjelasan yang lebih detail dapat ditulis: “untuk keterangan lebih lanjut , anda dapat menghubungi petugas rumah sakit”.
Ø  Isi informasi Promosi dilakukan diluar Rumah Sakit
§  Siaran radio atau televisi, dapat mengumumkan kegiatan seminar atau melalkukan talk show dengan ketentuan dokter hanya menyampaikan masalah teknis medis dan humas rumah sakit/petugas  yang ditunjuk dapat mempromosikan fasilitas saranan rumah sakit.
§  Melalui kegiatan sosial misalnya peberian bantuan pengobatan, bantuan tenaga kesehatan,bantuan makanan atau bantuan uang.
§  Website yang dibuat dengan tampilan yang menarik.
§  Pameran pedagangan misalnya pameran audiovisual,lab gratis,spanduk,ceramah,poster.
§  Press releasepeliputan event,press conference.
§  Billboard hanya berupa petunjuk arah.
Telepon,sms,email,direct mail hanya untuk relasi pasien dan mantan pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar